Posted on

It’s Me, Talking About Dream And Passion

1476431_545696422189018_1279595151_n

Begitupun saya. Mendengar orang bercerita tentang mimpi mereka, rencana-rencana mereka di masa depan, that ignites my spirit. Mereka yang memiliki impian besar, mereka yang berani bermimpi sekalipun harus ditertawakan banyak orang karena impian mereka yang dinilai terlalu mustahil untuk diwujudkan, seperti owner STARBUCKS saat ini, Schultz, yang ditertawakan karena mimpinya untuk dapat membuka kedai kopi di banyak tempat di Amerika sebagai tempat pelepas penat, terinspirasi setelah dia berkeliling ke Milan, Italia, pada akhirnya orang-orang yang menertawakannya bungkam setelah melihat keberhasilannya. Sungguh beruntung orang yang hidup dengan impian yang bersemayam bersama ruh mereka. Dan setiap kali saya mendengar seseorang bercerita tentang impian terbesar dalam hidupnya, hal itu membangkitkan generator semangat untuk mengamunisi kembali kendi semangat saya. Ya, saya jatuh cinta dengan people’s passion atau renjana -istilah yang dipakai oleh Paramitha Mohammad untuk menterjemahkan passion dalam bahasa Indonesia, seperti quote dari Unknown diatas ‘the way their eyes light up when they talk about the thing they love and the way they fill with light’, ketika seseorang dengan begitu bersemangat bercerita tentang impian mereka hingga terpancar dari airmuka dan mata mereka, seolah sayapun ikut terbawa dalam semangat mereka.

Saya teringat satu peribahasa mengenai impian dan rencana : Tuliskan tujuan Anda di atas batu. Namun,tuliskan rencana Anda di atas pasir. Baru akhir-akhir ini setelah saya mengenal seseorang yang bersedia berbagi kepada saya mengenai proposal hidupnya bahwa menuliskan tujuan sangat penting bukan sekedar menuliskannya di alam bawah sadar saja. Dream big, start small. Setelah tujuan itu ditetapkan, kita bisa memulai menyusun rencana-rencana yang relevan dengan impian kita dan langkah-langkah kecil yang akan mendekatkan kita kepada impian, serta benar-benar konsisten melakukannya. Seperti penggalan kalimat dari buku Dream Accelerator karya Izadian Zaini : “Bersikaplah fleksibel terhadap rencana-rencana yang Anda lakukan. Kelak dalam perjalanan mewujudkan impian, mungkin Anda akan menemui beberapa hambatan yang memerlukan perubahan strategi, mengganti, memodifikasi, dan sebagainya. Yang perlu Anda ubah adalah rencana Anda, bukan tujuan akhir Anda. Tidak masalah, keraslah pada tujuan Anda, namun bukan pada rencana Anda.” Seperti peribahasa di awalparagraf ini untuk menuliskan rencana di atas pasir yang artinya bersikap flexible menurut Izadian.

Another spirit-booster quote dari buku yang sangat saya rekomendasikan untuk dibaca bagi mereka yang sedang dalam perjalanan mengejar impiannya : “Orang gagal selalu mengatakan ‘Saya hanya… Saya hanya…’ dengan menunjukkan kepada dunia tentang keluhan dan keterbatasan mereka. Dengan kondisi yang sama dan mungkin jauh lebih buruk, orang sukses mengatakan ‘Justru karena’ dengan menunjukkan keterbatasan mereka. Justru karena mereka berasal dari keluarga miskin mereka ingin berubah, justru karena mereka hanya berasal dari kampung mereka harus sukses.” Saya banyak belajar dari kalimat itu, dulunya saya adalah orang yang sangat rendah diri dan minder. Ya, saya memang memiliki impian besar tapi apa artinya jika saya tidak memiliki cukup kepercayaan diri hanya karena keterbatasan yang saya miliki? Kalimat itu menjadi titik balik dalam kehidupan saya dalam menyikapi keterbatasan yang saya miliki saat ini. Bahwa kendali ada di tangan kita. Seperti ucapan Henry David Thoreau “Kita dilahirkan untuk sukses, bukan untuk gagal.”

 

About Let's Get The Beat!

not yet a period

Leave a Reply

